BUNGA CICILAN PEMBELIAN FIXED ASSET TIDAK DIJADIKAN NILAI FIXED ASSET

Bunga Cicilan Pembelian Fixed Asset Tidak Dijadikan Nilai Fixede Asset

Apabila Anda membeli fixed aseet secara cicilan, misalnya Mobil. Umumnya cicilan ini kemudian akan dileasingkan kepada pihak ketiga, misalnya Adira atau FIF, dsb.

Bagaimana perlakuan untuk nilai bunga fixed asset tersebut, apabila nilai bunga tersebut tidak dijadikan sebagai penambah nilai aktiva tetap, melainkan menjadi beban bagi perusahaan?

 

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah langkah-langkah perlakuan cicilan fixed asset pada accurate :

1. Buat accoutn baru dari menu List | chart of account dengan nama “Fixed Asset Transaction” (nama bisa dipilih sendiri) , dengan tipe akunnya “Other Current Asset”

2. Buat item baru dari menu List | Item dengan nama “Fixed Asset Transaction” (nama bisa dipilih sendiri) dan seluruh default account dialokasikan ke account “Fixed Asset Transaction” yang telah dibuat sebelumnya (point 1)

3. Untuk pembelian item Fixed Assetnya, buat Purchase Invoice dan pilih itemnya “Fixed Asset Transaction” yang sudah dibuat tadi (Point 2). Jika ada DP, buat Purchase Order dahulu, setelah itu masukkan DP-nya dan kemudian buat PI dengan select PO.

4. Buat fixed asset dari Activities | New Fixed Asset, pada tab Expenditure pilih account “Fixed Asset Transaction” dan isikan dengan Nilai Perolehan, bukan nilai cicilan/bln.

5. Fixed Asset tersebut akan masuk dengan nilai perolehannya dan tidak berhubungan lagi dengan cicilan pembelian Fixed Asset, sehingga pada saat perhitungan akumulasi penyusutan tetap dihitung sesuai dengan nilai perolehannya.

6. Untuk pembayaran cicilan setiap bulannya dapat dilakukan melalui Activities | Vendor Payment, dan jika terdapat DP maka DP dapat digunakan melalui fungsi settlement.

  • Karena pencatatan pembelian dan membalik nilai fixed asset sudah dilakukan, maka yang timbul kemudian adalah hutang dari transaksi Purchase Invoice.
  • Ketika setiap pembayaran cicilan dikenakan biaya bunga, maka yang dilakukan adalah centang Pay pada faktur pembelian fixed asset tsb, lalu masukkan pada bagian Payment Amount nilai cicilan fixed asset tsb dan klik kanan Discount info / Write off.
  • Masukkan pada bagian Discount Amount nilai bunga yang ditanggung perusahaan dalam posisi MINUS (yang sudah dikalkulasikan manual), dan untuk Discount Account isikan dengan akun Biaya atau Beban Bunga.
  • Klik OK dan Save and Close, serta lakukan langkah yang sama setiap kali pembayaran cicilan

 

Request Jasa Training Accurate Accounting Software silahkan isi pada form berikut, klik disini

Atau hubungi kami di :

Tlp : (021) 2280 5626

Whatsapp : 0812.9162.8566

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *