KETIKA MUNCUL CANNOT DELETE FIXED ASSET DEPRETIATION PADA ACCURATE

KETIKA MUNCUL CANNOT DELETE FIXED ASSET DEPRETIATION PADA ACCURATE

Apa kabar sahabat SAI? Semoga selalu sehat dan tidak kekurangan suatu apapun. Hari ini akan dibahas mengenai warning “Cannot Delete Fixed Asset Depretiation”. Mungkin beberapa sahabat SAI pernah ada yang menemui error ini saat ingin menghapus depresiasi aktiva tetap. Namun jangan khawatir dan inilah solusinya :

Ketika muncul konfirmasi “Cannot Delete Fixed Asset Depreciation” ketika ingin menghapus Jurnal Depresiasi Fixed Asset hasil Period End dari List | General Ledger | Journal Voucher | memilih Type “Depreciation”.

Yang membuat Journal Depresiasi tidak bisa di hapus dengan konfirmasi seperti diatas dikarenakan :

1. Sudah ada jurnal Period End di periode didepan Jurnal Depresiasi yang akan di hapus. Misal yang kita mau hapus adalah Jurnal Depresiasi bulan Feb 2010. Ternyata kita sudah melakukan Period End sd April 2010. Maka yang harus di hapus adalah Jurnal Depresiasi April 2010 dahulu, kemudian hapus Depresiasi Maret 2010, baru kemudian kita bisa hapus Jurnal Depresiasi Feb 2010.

Cara mengetahui ada Journal Depresiasi didepan periode yang akan dihapus, kita bisa ke List | General Ledger | Journal Voucher | memilih Type “Depreciation”, lalu Uncheck “Filter by Date”.

2. Ada pengeditan atau Disposed Fixed Asset setelah dilakukan Period End Feb 2010(misal mau hapus Depresiasi Feb 2010). Untuk mengetahui apakah ada Fixed Asset yang di edit atau di Dispose setelah dilakukan Period End Feb 2010, kita bisa ke List | Fixed Asset | Fixed Asset List, disetiap baris Fixed Asset diklik kanan lalu cek menu “Delete Last Edit” aktif(tulisannya hitam) atau tidak(abu-abu). Jika warna nya hitam, berarti memang ada pengeditan atas Fixed Asset tersebut, klik menu tersebut untuk Accurate menghapus pengeditan terakhir. Lalu cek kembali apakah menu Delete Last Edit tsb masih aktif(untuk memastikan untuk satu FA tsb barangkali mengalami pengeditan lebih dari sekali).

Jika semua baris Fixed Asset sudah dipastikan tidak ada pengeditan lagi, seharusnya kita sudah bisa menghapus jurnal Depresiasi bulan tsb.

Period End harus diulang

Period End harus dilakukan ulang, jika terjadi pengeditan di bulan ybs untuk transaksi-transaksi yang berhubungan dengan akun Cash/Bank, Hutang/Piutang dan Fixed Assets.

Untuk mengulang Period End dapat dilakukan melalui menu Activities | Periodic | Period End, Accurate secara otomatis akan me-replace nilai Period End sebelumnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *