Pencatatan Penjualan Gift Voucher di Accurate Online

Pencatatan Penjualan Gift Voucher di Accurate Online

Ilustrasi : Dalam rangka meningkatkan penjualan, perusahaan membuat program Gift Voucher, yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran oleh pelanggan yang bertransaksi di merchant perusahaan. Perusahaan akan mencatat saldo Gift Voucher pada setiap pelanggan yang melakukan pembelian Gift Voucher dan setelah penggunaan (sisa saldo dari Gift Voucher tersebut).

Atas ilustrasi tersebut, berikut langkah-langkah untuk melakukan pencatatan-nya di Accurate Online :

1. Sebelumnya, anda perlu membuat Akun Penampung dari transaksi penjualan Gift Voucher ini dengan Tipe Akun ‘Utang Usaha’, anda bisa masukan akun ini sebagai bagian dari akun Uang Muka Penjualan dan namakan akun sesuai kebutuhan, misalnya Gift Voucher.

2. Selanjutnya mengisikan akun Gift Voucher sebagai akun uang muka atas pelanggan yang membeli Gift Voucher tersebut yaitu melalui menu Penjualan | Pelanggan, pilih pelanggan yang bersangkutan, Tab ‘Penjualan’ dan isikan akun Gift Voucher pada akun Uang Muka.

3. Dan saat terjadi pembelian Gift Voucher oleh Pelanggan, maka anda bisa mencatat transaksi tersebut pada formulir transaksi Uang Muka Penjualan dari menu Penjualan, kemudian pilih akun uang muka-nya dengan akun ‘Gift Voucher’ pada tab Info LainnyaMisalnya mencatat pembelian satu Gift Voucher oleh pelanggan senilai Rp1.000.000 (perhatikan gambar untuk ilustrasi pencatatannya).

Catatan : Sehingga jurnal yang terbentuk dari transaksi yang diinput diatas adalah Kas/Bank (Dr) pada Gift Voucher (Cr).

4. Dan jika ada penggunaan Gift Voucher sebagai pembayaran oleh pelanggan, anda bisa gunakan transaksi Uang Muka Penjualan dari pembelian Gift Voucher tersebut pada faktur penjualan yang dimaksud. Sehingga saldo Gift Voucher atas pelanggan tersebut akan otomatis berkurang senilai yang telah digunakan.

5. Untuk melihat nilai saldo Gift Voucher Pelanggan, anda bisa melihatnnya melalui Laporan Uang Muka Penjualan dari menu Laporan | Daftar Laporan | Laporan Penjualan. Dan jika ingin melihat penggunaannya, anda bisa melihatnya dari Laporan Penggunaan Uang Muka Penjualan.

Catatan : jika ada uang muka penjualan yang dilakukan oleh pelanggan tersebut selain dari pembelian Gift Voucher, maka anda perlu melakukan Modifikasi Laporan dengan Penyaringan Akun Uang Muka Gift Voucher.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *