PENJELASAN “FORM DAFTAR LAIN” PADA ACCURATE ACCOUNTING SOFTWARE (Dekstop)

PENJELASAN “FORM DAFTAR LAIN” PADA ACCURATE ACCOUNTING SOFTWARE (Dekstop)

Daftar Lain (Other List) 

Daftar Lain yang ada di dalam form Persiapan Singkat (Quick Seup) berupa isian suatu kode pajak, syarat pembayaran, jasa pengiriman dan tipe pelanggan. Sedangkan untuk batasan komisi dan nama-nama penjualnya harus dimasukkan dari form masing-masing.

Untuk membuka kelompok dalam daftar ini dari menu Daftar – Daftar Lain (List – Other List). Terdiri dari kode pajak, syarat pembayaran, jasa pengiriman, tipe pelanggan, batasan komisi, dan penjualnya.

Kode Pajak (Tax Code) 

Kode Pajak adalah suatu kode yang menghubungkan item barang yang dijual/dibeli dengan data customer/vendor yang memperdagangkan item tersebut. Saat item dibeli akan muncul pajak masukan (other current asset) dan saat dijualn akan muncul pajak keluaran (other current liability) sebesar tarif pajak yang telah diisikannya.

Saat item dibeli akan muncul pajak masukan (other current asset) dan saat dijual akan muncul pajak keluaran (other current liability) sebesar tarif pajak yang telah diisikannya. Kedua jenis pajak tersebut setiap sebulan sekali akan dibandingkan dan dicari selisihnya yang dinamakan dengan selisih lebih/kurang bayar.

Setiap kode pajak akan berhubungan dengan data pelanggan, pemasok dan item (barang & jasa). Selanjutnya setiap transaksi pembelian maupun penjualan juga dapat diisikan (dipilih) kode pajak untuk setiap barang, sehingga dari kode tersebut nantinya  akan dihubungkan dengan default account pajak keluaran dan pembelian.

Membuat Kode Pajak Pada Accurate Accounting Software 

Langkah untuk penginputan kode pajak pada accurate accounting software adalah sebagai berikut :

1. Dari menu List – Other – Pilih Taxes

2. Lalu isikan nama pajak, tarif, keterangan yang akan dimunculkan di bawah (footer) faktur pembelian maupun penjualan, akun untuk mencatat pajak keluaran dan pajak pembelian

Syarat Pembayaran (Termin) Pada Accurate Accounting Software 

Syarat pembayaran melekat pada daftar pelanggan dan pemasok. Di dalam form isian pemasok/pelanggan tersebut hanya dijadikan sebagai default isian saat membuat transaksi pembelian/penjualan, tetapi dapat diubah langsung di dalam transaksi yang bersangkutan.

Syarat pembayaran ini juga mempengaruhi suatu utang/piutang akan masuk ke dalam daftar pengingat (reminder) untuk utang/piutang yang lewat jatuh tempo serta masuk dalam daftar reminder untuk utang/piutang yang akan mendapat diskon.

Saat terjadi pelunasan/pembayaran faktur tersebut dengan menekan klik mouse kanan pada baris faktur yang bersangkutan, lalu klik discount/write off, akan ditampilkan informasi terhadap nilai diskon yang muncul secara otomatis.

Kemudian pada Sales Receipt, untuk memasukkan jumlah diskonnya Anda dapat klik kanan pada invoice yang dituju kemudian pilih write off, akan muncul jendela informasi diskon. Isikan kolom Jumlah Diskon dan Akun untuk mengalokasikan pada akun apa diskon tersebut akan diinput.

Jasa Pengiriman (Ship Via) Pada Accurate Accounting Software 

Jasa pengiriman ini akan ditanyakan saat membuat transaksi pembelian atau penjualan. Selain itu laporan penjualan dan pembelian juga bisa dibedakan berdasar tiap jenis jasa pengiriman yang pernah dilakukan. Jasa pengiriman ini bisa diisikan dengan jenis nama perusahaan angkutan, nomor kendaraa (nomor polisi), atau status pengangkutannya.

Langkah-langkah untuk membuat atau menginput nama jasa pengiriman adalah :

1. Klik List (Daftar) – Pilih Daftar Lain (List Order) – Kemudian Jasa Pengiriman (Shipments) – Silahkan masukkan nama jasa pengirimannya. Klik New untuk menambahkan

2. Setelah itu Anda bisa langsung memilih jasa pengiriman mana yang akan Anda gunakan untuk proses penjualan/pembelian pada form Delivery Order

Tipe Pelanggan (Customer Types) Pada Accurate Accounting Software 

Tipe pelanggan dapat dibedakan berdaarkan wilayah masing-masing pelanggan, sifat pelanggan terhadapat transaksi penjualan yang condong ke jenis suatu barang tertentu, sifat pembayarannya, dan lain-lain. Laporan penjualan juga bisa dibedakan berdasarkan suatu tipe pelanggan. Tipe pelanggan ini melekat pada saat mengisi data pelanggan(wajib harus diisi). Tipe pelanggan dengan nama UMUM atau GENERAL akan otomatis dibuatkan jika pernah membuka form Persiapan Singkat. Selanjutnya bisa ditambahkan sendiri.

Cara untuk menginput, mengedit, atau menambahkan daftar tipe pelanggan adalah :

Klik menu Daftar (List) kemudian pilih Daftar Lain (Other List) lalu klik Customer Type (Tipe Customer)

Pilih New untuk menambahkan, Edit untuk mengedit, dan Delete untuk memnghapus Tipe Pelanggan yang Anda buat