MENGINPUT KATEGORI PEMASOK DALAM ACCURATE ONLINE

Dalam Akuntansi, salah satu pengguna informasi akuntansi suatu instansi atau perusahaan adalah pemasok. Pemasok dan kreditur juga berkepentingan terhadap informasi akuntansi karena melalui informasi tersebut pemasok dapat menilai apakah perusahaan tersebut mampu melunasi hutang tepat waktu pada saat jatuh tempo.

KATEGORI PEMASOK

Membuat Kategori Dan Sub Kategori Pemasok 

Kategori Pemasok merupakan fitur dalam Accurate Online yang berfungsi untuk memudahkan Anda dalam mengatur pengelompokkan pemasok menjadi Kategori dan Sub Kategori tertentu. Contoh, Anda memiliki pemasok kategori Lokal, lalu memiliki Sub Kategori Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dsb.

Tujuan Kategori Pemasok adalah untuk memudahkan Anda ketika ingin menerapkan suatu kebijakan atau keputusan. Contoh Anda ingin membuat kebijakan pembelian terhadap pemasok yang lokasinya dekat dengan gudang perusahaan, maka Anda dapat dengan mudah mendapatkan data dan informasinya dengan cara melihat laporan data pemasok yang difilter menggunakan Kategori Pemasok.

Berikut adalah langkah-langkah dalam menginput Kategori Pemasok dan Sub Kategori Pemasok dalam Accuarte Online :

Klik menu Pembelian kemudian pilih Kategori Pemasok 

Pertama buatlah Induk dari Sub Kategori Pemasok yang akan Anda buat, misalnya Lokal, lalu klik Simpan 

Selanjutnya membuat Sub Kategori Pemasok, dengan nama Sumatera, lalu centang pada bagian Sub Kategori, kemudian pada field di sampingnya pilih lokal Lokal sebagai Induk Kategori

Lakukan langkah yang sama untuk subkategori yang lain, misalnya Jawa dst.

Hasil dari Kategori dan Sub Kategori yang telah diinput adalah seperti di bawah ini

PEMASOK

Menambah Pemasok Baru

Pada Accurate Online untuk memasukkan data pemasok baru ke dalam database bisa melalui impor Data Master Pemasok pada saat Setup Awal, atau bisa juga dari menu Pemasok yang ada pada fitur Pembelian.

Berikut ini adalah cara untuk menambah Pemasok Baru dalam Accurate Online :

Klik menu Pembelian kemudian pilih Pemasok 

Lengkapi field-field pada Data Pemasok Baru 

Klik Simpan jika telah selesai.

Berikut Tutorial Vidionya ya Sahabat