INPUT PENJUALAN SECARA GROUPING PADA ACCURATE DEKSTOP

INPUT PENJUALAN SECARA GROUPING PADA ACCURATE DEKSTOP

Penjualan Barang Secara Grouping

Proses penjualan dalam sebuah perusahaan kurang lebih hampir sama dengan proses pembelian. Namun, transaksi penjualan lebih luas dari pembelian, di mana bisa saja dalam penjualan yang dijual tersebut bukan hanya kuantitas barang, tetapi bisa juga kualitas jasa suatu barang.

Kemungkinan lain bisa juga terjadi yaitu menjual suatu kelompok barang yang terdiri dari part (bagian) atau gabungan dari beberapa barang lainnya. Misalnya, seorang penjual pintu rumah, yang dijual adalah satu set pintu. Di dalam pintu tersebut terdapat 1 buah daun pintu, 3 engsel, 32 mur, 2 gagang pintu, 1 kunci, 2 grendel.

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai penjualan barang secara grouping.

Fitur item Grouping tampak serupa dengan Job Costing namun untuk item Grouping ini hanya membuat item baru yang terdiri dari berbagai macam item lain di dalamnya dan tidak menggunakan Cost seperti Job Costing.

Yang membedakannya yaitu job costing menghasilkan item baru dengan adanya pemotongan item lain yang dijadikan bahan baku sedangkan item grouping memotong item bahan baku pada saat dilakukan penjualan tampa menghasilkan item baru.

Langkah-langkah untuk dapat mengakses fitur grouping adalah sebagai berikut : 

1. Activities (atifitas) | Inventory (barang & jasa)

2. Selanjutnya isikan nomor gorup, nama group, akun harga jual, akun penjualan group, akun retur penjualan dan diskon item penjualan beserta kode pajaknya

3. Aktifkan pilihan Cetak item di faktur, jika atas komponen barang grouping ingin ditampilkan saat mencetak fakturnya atau tidak ingin menampilkan isi grup

4. Selanjutnya isikan no. item dengan nomor komponen barang yang di grup tersebut beserta kuantitasnya yang dibutuhkan

5. Kemudian klik Simpan & Baru

 

6. Buka aktifitas faktur penjualan dari menu Aktifitas | Penjualan

7. Pilih pelanggan (PT Emas Sentosa), isikan tanggal faktur, tanggal kirim, dan nama penjual

8. Pada kolom barang baris pertama ketikkan HT (Home Theatre) kuantitas isikan 2, proyek isikan 101 (Elektronik), tekan Enter, secara otomatis semua komponen HT akan diuraikan satu persatu di bawahnya. Tekan anak panah ke bawah sampai pada baris 5 (kosong) ketikkan lagi item grup kedua : PNCP 1721 (yang akan dijadikan grup ke-2) kemudian tekan Enter, kuantitas isikan 3 dan proyek : 102 (Komputer), Enter, selanjutnya akan ditampilkan empat baris di bawahnya berupa komponen atas grup PNCP 1721 tersebut.

9. Terdapat diskon 5% dari harga faktur

10. Isikan nomor faktur pajak standar (002), ketikkan keterangannya

11. Klik Simpan & Baru

Berikut adalah penjelasan atas kolom-kolom yang terdapat pada fitur grouping :

  • Auto Calculate by Detail PricesJika kotak ini diaktifkan maka secara otomatis ACCURATE akan menghitung harga jual dari Item Grouping yang akan dibuatkan. Perhitungannya dari total keseluruhan Unit Price masing-masing detail item Groupingnya.Apabila tidak ingin otomatis dihitung maka tidak perlu mengaktifkan kotak tsb dan isi manual di kotak Selling Price nya.
  • Sales Account, Sales Return Account, Sales Item DiscountGL Account untuk item Grouping harus diisi kembali untuk akun Sales, Sales Return dan Sales Item Discount.
  • SuspendedJika kotak ini diaktifkan maka akan membuat Item Grouping tsb tidak tampil pada saat memilih item di penginputan transaksi.

 

Berikut Tutorial Vidionya :