Eror saat menyimpan transaksi Penyelesaian Pesanan

Eror “Alokasi Biaya ”xxx” harus lebih besar dari 0” saat menyimpan transaksi Penyelesaian Pesanan

Eror tersebut terjadi dikarenakan nilai alokasi atas Pekerjaan Pesanan yang akan diselesaikan adalah nol (kosong), sehingga transaksi Penyelesaian Pesanan tidak dapat diteruskan (disimpan).

Penyebab nilai alokasi biaya nol (kosong) adalah bisa dikarenakan barang atau biaya pada Pekerjaan Pesanan tersebut tidak ada nilai-nya atau nol (kosong). Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan pengecekan-nya :

1. Masuk ke menu Persediaan | Pekerjaan Pesanan, kemudian cari transaksi pekerjaan pesanan yang dimaksud, lalu klik 2x untuk melihat detail Barang/Biaya-nya.

 

 

2. Kemudian lakukan pengecekan pada detail barang / biaya-nya. Pada ilustrasi ini didapatkan 2 (dua) barang dengan nilai Total nol (kosong), sehingga menyebabkan nilai Pekerjaan Pesanan juga menjadi nol (kosong).

3. Setelah diketahui detail barang/biaya apa saja, maka lakukan pengecekan atas Nilai Persediaan atas kedua barang tersebut yaitu mengapa nilai persediaannya bisa nol (kosong). Pengecekan dilakukan melalui Laporan Rincian Nilai Persediaan yang bisa diakses melalui menu Laporan | Persediaan. Persediaan, kemudian pilih nama barang yang dimaksud dan isikan dengan parameter beberapa hari / minggu sebelum tanggal transaksi Pekerjaan Pesanan tersebut.

4. Pada Laporan Rincian Nilai Persedian atas barang tersebut didapatkan informasi bahwa untuk barang Layar Amoled memiliki kuantitas masuk dan tidak ada nilai persediaannya (harga belinya). Hal ini bisa terjadi, karena pembelian atas barang tersebut melalui Penerimaan Barang yang tidak melalui transaksi Pesanan Pembelian pembelian, sehingga nilai/harga beli barang belum tersedia.

5. Langkah selanjutnya, agar barang yang digunakan pada Pekerjaan Pesanan tersebut terdapat nilai persediaannya, anda perlu membuatkan transaksi Faktur Pembelian atas transaksi Penerimaan Barang kedua barang tersebut, sehingga nilai persediaan bisa ter-sesuaikan secara otomatis.

6. Jika Faktur Pembelian (nilai persediaan sudah ada), maka anda bisa mengulangi kembali proses Penyelesaian Pesanan atas Pekerjaan Pesanan tersebut dan nilai Alokasi Biaya terisi sesuai dengan nilai persediaan pada formulir Pekerjaan Pesanan tersebut, sehingga tidak tampil lagi eror tersebut.

 

Notes :

  • Kondisi nilai persediaan nol (kosong) terjadi pada barang tipe persediaan yang baru dibuat dan tidak memiliki referensi nilai persediaan untuk digunakan dalam kondisi kuantitas barang masuk tanpa disertai nilai persediaan seperti penginputan transaksi Penerimaan Barang tanpa didahului dengan transaksi Pesanan Pembelian.
  • Untuk menghindari kondisi pada poin 1, anda bisa melakukan penginputan Harga Pemasok atas barang baru tersebut atau penginputan Harga Beli pada barang persediaan tersebut. Dengan demikian Accurate akan otomatis menggunakan diantara kedua nilai tersebut, jika mengalami kondisi pada poin 1.
  • Update nilai persediaan saat pembuatan Faktur Pembelian atas barang di Penerimaan Barang, tidak berlaku jika pada database tersebut memilih pilihan “Tidak Diperbarui Oleh Tagihan” pada menu Pengaturan | Pembelian | Penerimaan Barang.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *