MENGEMBALIKAN BAHAN BAKU YANG SUDAH DILAKUKAN PENYELESAIAN PESANAN

MENGEMBALIKAN BAHAN BAKU YANG SUDAH DILAKUKAN PENYELESAIAN PESANAN

Apabila Anda sudah membuat transaksi Pekerjaan Pesanan dan sudah diselesaikan, namun ternyata bahan baku yang sudah menjadi barang jadi ingin dikembalikan lagi ke stok bahan bakunya , maka bisa dilakukan dengan cara berikut ini :

  1. Sebagai contoh sebelumnya sudah membuat Pekerjaan Pesanan atas bahan baku (Barang # A dan #B), kemudian menjadi barang jadi (Barang #C).

 

 

2. Maka untuk mengembalikan lagi bahan bakunya bisa dilakukan melalui Transaksi Pekerjaan Pesanan dari menu Persediaan | Pekerjaan Pesanan, pilih Barang #C.

 

3. Setelah itu lakukan Penyelesaian Pesanan dengan memilih Tipe Penyelesaiannya adalah “Akun” dan pilih Akun Penyelesaian-nya dengan akun perantara sebagai penampung atas transaksi ini.

 

4. Selanjutnya untuk mengembalikan barang #A dan #B lakukan penambahan stok melalui Penyesuaian Persediaan di menu Persediaan. Isikan nilai barang dari #A dan #B, kemudian pilih akun penyesuaian dengan akun yang dipilih pada poin 3.

Catatan : jika akun tersebut tidak tersedia pada akun penyesuaian persediaan, daftarkan terlebih dahulu akun-nya melalui menu Pengaturan | Preferensi | Akun Perkiraan pada tab Persediaan.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *