Nilai Penjualan di Laporan Laba/Rugi Berbeda Dengan Laporan Penjualan

Seperti pada gambar ilustrasi dibawah ini yaitu Nilai Jumlah Pendapatan pada Laporan Laba/Rugi (Rp 33.160.000) berbeda dengan Nilai Penjualan yang terdapat pada Laporan Penjualan Per barang (Rp 31.660.000). Terdapat selisih sebesar Rp 1.500.000 (Rp 33.160.000 – Rp 31.660.000).

Nilai Pendapatan Pada Laporan Laba/Rugi

 

Nilai Pendapatan Pada Laporan Penjualan

 

Jika ada terjadi hal tersebut, maka ada 2 kemungkinan penyebabnya antara lain :

  • Parameter tanggal kedua laporan yang dibandingkan yang berbeda yaitu antara di Laporan Laba/Rugi dengan Laporan Penjualan. Untuk itu pastikan memilih parameter yang sama. Pada ilustrasi diatas parameter tanggal kedua laporan sudah sama yaitu 1 Januari 2020 s/d 6 Maret 2020.
  • Ada penggunaan akun yang termasuk dalam Komponen Pendapatan di Laporan Laba/Rugi diluar transaksi Faktur Penjualan dan Retur Penjualan. Karena pada Laporan Penjualan, saldo nilai penjualan dipengaruhi oleh transaksi yang berasal dari transaksi Faktur Penjualan dan Retur Penjualan saja. Sedangkan pada Laporan Laba/Rugi tidak melihat sumber transaksi-nya dari mana, semua transaksi atas akun tersebut akan masuk ke saldo akun tersebut di Laporan Laba/Rugi.

Dan cara pengecekan untuk peyebab kedua adalah sebagai berikut ini :

1. Buka Laporan Rincian Buku Besar, yaitu melalui menu Laporan | Daftar Laporan | Buku Besar, kemudian filter tanggalnya sesuai parameter tanggal yang ingin dilakukan pengecekan yaitu pada ilustrasi adalah tanggal 1 Januari 2020 s/d 6 Maret 2020, lalu klik.

2. Klik Modifikasi | Penyaringanlalu klik icon (+). Pada baris Kolom pilih “Nama”, pilih ‘Adalah’ pada baris Operator dan pada baris Nilai pilih semua akun yang termasuk dalam komponen pendapatan di laporan Laba/Rugi, biasanya terdiri dari Akun Penjualan, Retur Penjualan dan Diskon Penjualan. Pada ilustrasi ini karena hanya terdiri dari 1 akun saja yaitu akun Penjualan maka filter yang dilakukan hanya untuk 1 akun tersebut saja.

Modifikasi untuk Filter Nama Akun

 

3. Lalu klik kembali icon (+), pilih ‘Tipe Transaksi’ pada baris Kolom, pilih ‘Adalah’ pada baris Operator dan pada baris Nilai silahkan centang semua transaksi Kecuali “Faktur Penjualan” dan “Retur Penjualan” lalu Simpan.

Modifikasi untuk Filter Transaksi

4. Dan akan tampil nilai transaksi sebesar Rp 1.500.000 yang berasal dari Jurnal Umum pada Laporan Rincian Buku Besar (perhatikan gambar). Nilai ini yang menjadi penyebab selisih nilai penjualan pada Laporan Laba/Rugi dengan Laporan Penjualan.

Laporan Rincian Buku Besar menampilkan nilai transaksi yang menyebabkan selisih

Note : Modifikasi yang dilakukan pada Laporan Rincian Buku Besar diatas (poin 1 s/d 3) tujuannya untuk bisa menampilkan transaksi yang tidak bersumber dari Faktur Penjualan dan Retur Penjualan pada parameter tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *