10 Fitur Terbaik Accurate Untuk Bisnis Retail

10 Fitur Terbaik Accurate Untuk Bisnis Retail

Mengelola bisnis retail memerlukan sistem yang efisien dan akurat untuk memastikan operasional berjalan lancar. Accurate adalah salah satu software akuntansi yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut. Berikut ini adalah 10 fitur terbaik Accurate yang sangat bermanfaat untuk bisnis retail.

1. Manajemen Persediaan yang Canggih

Fitur manajemen persediaan Accurate memungkinkan pemilik bisnis retail untuk melacak stok barang secara real-time. Ini mencakup oengaturan stok minimum, pemberitahuan restock, dan informasi barang masuk dan barang keluar. Dengan fitur ini, Anda dapat memastikan bahwa stok selalu tersedia dan memngurangi resiko kehabisan stok barang.

2. Pencatatan Transaksi Penjualan dan Pembelian

Accurate memungkinkan untuk pencatatan setiap transaksi penjualan dan pembelian secara detail. Fitur ini memastikan semua transaksi tercatat dengan benar, memudahkan proses audit, dan pengawasan. selain itu, pencatatan yang akurat membantu dalam analisis kinerja penjualan dan pembelian.

3. Integrasi dengan Sistem POS

Accurate dapat diintegrasikan dengan sistem Point Of Sales (POS) yang digunakan di toko retail. Integrasi ini memungkinkan sinkronisasi data penjualan secara otomatis, mengurangi kesalahan pencatatan, dan mempercepat proses transaksi. Hasilnya, manajemen toko menjadi lebih efisien dan akurat.

4. Laporan Keuangan Otomatis

Accurate menyediakan berbagai jenis laporan keuangan seperti laporan laba rugi, neraca, dan arus kas. Laporan ini dapat dihasilkan secara otomatis dan real-time, membantu pemilik bisnis membuat keputusan berdasarkan data yang akurat dan terkini. Analisis keuangan menjadi lebih mudah dan cepat dengan fitur ini.

5. Manajemen Pelanggan (CRM)

Fitur manajemen pelanggan Accurate memungkinkan toko retail untuk menyimpan dan mengelola data pelanggan dengan lebih baik. Anda dapat melacak riwayat pembelian, memberikan diskon khusus, dan melakukan kampanye pemasaran yang ditargetkan. Fitur ini membantu dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong penjualan.

6. Multi-Gudang

Untuk bisnis retail yang memiliki lebih dari satu lokasi gudang, Accurate menawarkan fitur multi-gudang. fitur ini memungkinkan manajemen stok yang lebih baik di berbagai lokasi, memastikan ketersediaan barang di semua cabang. Anda dapat melacak ketersediaan stok antar gudang dengan mudah dan efisien.

7. Manajemen Aset Tetap

Accurate membantu dalam mengelola aset tetap bisnis retail, seperti peralatan dan perlengkapan toko. Anda dapat melacak nilai aset, penyusutan, dan pemeliharaan, sehingga aset tetap terjaga dan beroperasi dengan baik. Ini penting untuk memastikan aset bisnis berfungsi optimal dan memiliki umur yang panjang.

8. Pengelolaan Utang dan Piutang

Fitur ini memungkinkan Anda mengelola utang kepada pemasok dan piutang dari pelanggan dengan lebih efisien. Accurate membantu memonitor jatuh tempo pembayaran dan penerimaan, mengoptimalkan arus kas bisnis. Dengan pengelolaan utang dan piutang yang baik, keuangan bisnis menjadi lebih stabil.

9. Kontrol Biaya dan Anggaran

Accurate menyediakan alat untuk mengelola dan memonitor biaya operasional serta anggaran. Anda dapat membandingkan pengeluaran aktual dengan anggaran yang direncanakan, membantu dalam pengendalian biaya dan perencanaan keuangan. Fitur ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan finansial bisnis.

10. Akses Multi-Pengguna dengan Kontrol Hak Akses

Accurate memungkinkan beberapa pengguna untuk mengakses sistem dengan kontrol hak akses yang ketat. Fitur ini memasstikan bahwa hanya orang yang berwenang yang dapat mengakses informasi sensitif, meningkatkan keamanan data bisnis Anda. Dengan hak akses yang terkontrol, risiko penyalahgunaan data dapat diminimalisir.

 

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan dengan fitur-fitur canggih yang ditawarkan Accurate, bisnis retail dapat mengelola operasionalnya dengan lebih efisien dan efektuf. Dari manajemen inventaris hingga laporan keuangan, Accurate menyediakan solusi komprehensif untuk berbagai kebutuhan bisnis retail, membantu pemilik bisnis fokus pada pengembangan dan pertumbuhan usaha mereka. Accurate tidak hanya mempermudah pengelolaan bisnis, tetapi juga memberikan keunggulan kompetitif di pasar retail yang semakin kompetitif.

Panduan Lengkap: Setup ACCURATE Untuk Toko Retail

Panduan Lengkap: Setup ACCURATE Untuk Toko Retail

Mengelola toko retail memerlukan sistem yang terorganisir dengan baik untuk memastikan operasional berjalan lancar dan efisien. Accurate adalah salah satu software akuntansi yang populer di Indonesia, yang membantu toko retail dalam mengatur keuangan, persediaan, dan berbagai aspek lainnya. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap mengenai cara setup Accurate untuk toko retail.

Langkah 1: Instal Accurate

Kunjungi situs resmi Accurate untuk memilih paket aplikasi sesuai dengan kebutuhan toko retail Anda. Accurate sendiri memiliki beberapa versi. Diantaranya, versi Desktop yaitu Accurate 5 dan Accurate Online. Kemudian unduh Software Accurate dan ikuti petunjuk instalasi yang diberikan. Pastikan komputer Anda memenuhi spesifikasi minimum yang diperlukan untuk menjalankan Accurate.

Langkah 2: Pengaturan Awal

Pada langkah ini, Anda diharuskan untuk input database baru atau database lama yang telah disesuaikan formatnya dengan yang ada pada Accurate. Isikan juga detail mengenai informasi dasar mengenai toko Anda, seperti nama toko, alamat, nomor telepon, dan informasi penting lainnya.

Langkah 3: Pengaturan Akun

Accurate ini menyediakan daftar akun standar, yang masih perlu Anda sesuaikan dengan kebutuhan toko retail Anda. Anda perlu membuat akun-akun yang spesifik untuk penjualan, pembelian, persediaan, dan biaya operasinal lainnya. Anda juga perlu mengatur pajak-pajak yang relevan untuk transaksi penjualan dan pembelian. Pastikan juga tarif pajak sudah sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.

Langkah 4: Pengaturan Persediaan

Lnagkah selanjutnya, Anda perlu membuat daftar barang. Anda perlu memasukkan semua barang yang dijual di toko anda ke dalam sistem Accurate. setiap barang harus memiliki harga jual, harga beli, dan deskripsi. Anda juga perlu memasukkan jumlah stok awal untuk setiap barang. Hal ini penting untuk memulai pencatatan transaksi penjualan/pembelian  dengan akurat.

Langkah 5: Pengaturan Pelanggan dan Pemasok

Langkah selanjutnya, Anda perlu memasukkan data pelanggan ke dalam sistem Accurate. Ini akan membantu dalam mengelola oenjualan dan memberikan pelayanan yang lebih baik. Masukkan juga data pemasok yang menyediakan barang dagangan Anda. Ini akan memudahkan dalam pengelolaan pembelian dan pembayaran kepada pemasok.

Langkah 6: Pengaturan Penjualan dan Pembelian

Atur modul penjualan dengan memasukkan harga jual, diskon, dan promosi yang berlaku. Buat template faktur penjualan yang akan digunakan untuk mencatat transaksi. Atur juga modul pembelian dengan memasukkan harga beli dari pemasok, biaya pengiriman, dan syarat pembayaran. Buat juga template faktur pembelian yang akan digunakan untuk mencatat transaksi pembelian.

Langkah 7: Pelatihan Pengguna Accurate

Pastikan semua karyawan yang akan mengoperasikan Accurate telah mendapatkan pelatihan yang cukup untuk memastikan mereka familiar dengan sistem Accurate. Jika ingin melakuakn pelatihan, Anda dapat menghubungi kami SAI (PT Solusi Akuntansi Indonesia) selaku AIP (Accurate Implementasi Partner) yang selalu siap untuk membantu kebutuhan pelatihan Accurate Anda. Tidak hanya itu, tim kami juga memberikan bantuan after training yaitu memberikan dukungan dengan membantu anda saat mengalami masalah teknis via chat whatsapp atau voice note WA.

Langkah 8: Implementasi dan Pemantauan

Mulai gunakan Accurate dalam operasional harian toko retail Anda. Lakukan juga pengecekan rutin untuk memastikan semua data tercatat dengan akurat. lakukan pemantauan secara berkala terhadap kinerja sistem. Evaluasi data yang dihasilkan oleh Accurate untuk mengambil keputusan bisnis lebih baik lagi.

 

Dari penjelasan diatas, didapatkan bahwa setup Accurate untuk toko retail memerlukan perhatian terhadap detail dan pemahaman mendalam mengenai operasional toko Anda. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan Accurate untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan toko retail. Selalu lakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala untuk memastikan sistem berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan Accurate, manajemen toko retail Anda dapat berjalna lebih terstruktur, memungkinkan Anda fokus pada pengembangan bisnis dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan.

Mengapa ACCURATE Adalah Pilihan Tepat untuk Bisnis Retail Anda

Mengapa ACCURATE Adalah Pilihan Tepat untuk Bisnis Retail Anda

Dalam dunia bisnis retail yang kompetitif, efisiensi dan ketepatan adalah kunci untuk mencapai kesuksesan. Salah satu alat yang dapat membantu mencapai kedua hal tersebut adalah software akuntansi yang handal. Accurate adalah salah satu software akuntansi terbaik di Indonesia yang dirancang khussu untuk memenuhi kebutuhan bisnis retail Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Accurate adalah pilihan tepat untuk bisnis retail Anda :

1. Manajemen Persediaan yang Efektif

Bisnis retail sangat bergantung pada manajemen persediaan yang efisien. Accurate memungkinkan Anda untuk melacak stok barang secara real-time, mengatur ulang stok secara otomatis, dan mencegah kekurangan atau kelebihan stok. Dengan fitur Persediaan yang canggih di Accurate, Anda dapat mengetahui stok real time saat ini karena pada saat input pembelian stok akan bertambah, dan saat penjualan stok akan otomatis berkurang.

2. Kemudahan Integrasi dengan Sistem POS

Accurate dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem Point of Sale (POS) yang umum digunakan di industri retail, dan Accurate juga mengeluarkan POS yaitu Accurate POS. Integrasi ini memastikan bahwa data penjualan langsung masuk ke sistem akuntansi, sehingga memudahkan proses pencatatan transaksi dan mengurangi risiko Human Error.

Accurate dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem Point of Sale (POS) yang umum digunakan di industri retail. Integrasi ini memastikan bahwa data penjualan langsung masuk ke sistem akuntansi, sehingga memudahkan proses pencatatan transaksi dan mengurangi risiko kesalahan manusia.

3. Laporan Keuangan yang Akurat dan Real-Time

Dalam bisnis retail, keputusan cepat dan tepat sangat diperlukan. Accurate menyediakan laporan keuangan yang akurat dan real-time, memungkinkan Anda untuk memantau kinerja bisnis Anda secara menyeluruh. Dengan informasi ini, Anda dapat mengambil keputusan bisnis yang lebih dan lebih cepat. Berikut laporan yang ada di Accurate Online :

4. Mudah Digunakan dan Dikustomisasi

Accurate dirancang untuk mudah digunakan, bahkan oleh mereka yang tidak memiliki latar belakang akuntansi. Selain itu, software itu untuk laporan dan hasil print out invoice atau surat jalan dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bisnis retail Anda selama variabelnya ada di Accurate.

5. Dukungan Pelanggan yang Responsif

Accurate menyediakan dukungan pelanggan yang responsif dan profesional. Tim dukungan pelanggan nya yaitu AIP (Accurate Implementasi Partner) salah satunya yaitu SAI (Solusi Akuntansi Indonesia) yang selalu siap membantu Anda mengatasi masalah teknis atau memberikan panduan penggunaan software. Dengan dukungan yang handal, Anda tidak perlu khawatir menghadapi masalah teknis yang dapat menghambat operasional bisnis Anda.

6. Keamanan Data Yang Terjamin

Keamanan data adalah aspek krusial dalam bisnis retail. Accurate memastikan bahwa semua data keuangan dan transaksi Anda aman dengan sistem keamanan yang canggih. Anda tidak perlu khawatir tentang kebocoran data atau ancaman keamanan lainnya. Berikut adalah tampilan secure dari Accurate Online.

7. Skalabilitas Untuk Pertumbuhan Bisnis

Accurate dirancang untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda. Software Accurate dapat dengan mudah digunakan sesuai dengan perkembangan bisnis Anda, baik Anda mengelola satu toko kecil atau jaringan toko yang besar, Accurate mampu mengakomodasi kebutuhan bisnis Anda

8. Harga Yang Terjangkau

Dengan berbagai fitur canggih yang ditawarkan, Accurate hadir dengan harga yang terjangkau. Investasi dalam Accurate adalah langkah cerdas untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi operasional bisnis retail Anda tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat besar.

 

Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa ACCURATE adalah solusi ideal untuk bisnis retail yang menginginkan efisiensi, ketepatan, dan kemudahan dalam pengelolaan laporan akuntansi dan manajemen persediaan. Dengan berbagai fitur unggulan yang ditawarkan, Accurate membantu bisnis retail Anda tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

Pencatatan & Perhitungan PPh 21 Bonus/THR Karyawan Tetap

Pencatatan & Perhitungan PPh 21 Bonus/THR Karyawan Tetap

 

Berikut ini cara melakukan penginputan Bonus/THR untuk Karyawan Tetap di Accurate Online :

1. Masuk ke menu Buku Besar | Pencatatan Gaji.

2. Pilih Tipe Pembayaran dengan ‘Non Bulanan’ dan lengkapi informasi lainnya

 

3. Pilih Karyawan yang dimaksud dan isikan nilai Bonus/Thr pada kolom yang tersedia kemudian klik ‘Lanjut’.

 

4. Simpan transaksi pencatatan gaji bonus/thr karyawan tetap dan jurnal yang terbentuk adalah sebagai berikut.

 

 

 

5. PPh 21 untuk Bonus/THR tidak dihitung saat pencatatan/pemberian Bonus/THR namun akan diperhitungkan pada perhitungan PPH 21 bulan Desember.

Pencatatan & perhitungan Gaji Karyawan Tetap dengan Bonus/THR bulan Desember di Accurate Online :

 

 

 

 

Informasi Tarif Efektif perhitungan PPh 21 bisa Anda unduh disini.

Menampilkan Nomor Seri/Produksi Pada Desain Cetakan Pengepakan Barang

Menampilkan Nomor Seri/Produksi Pada Desain Cetakan Pengepakan Barang

 

Berikut langkah-langkah untuk menampilkan nomor seri/produksi pada desain cetakan pengepakan barang :

1. Login ke Accurate Online.

2. Akses ke menu Pengaturan Desain Cetakan.

 

3. Klik List (Berwarna Hijau) kemudian pilih desain cetakan Pengepakan Barang-nya lalu Buka Desainer.

 

4. Sediakan tempat pada Detail Barang untuk menampilkan nomor seri/produksi dengan memperkecil kolom-kolom yang sudah ada.

5. Kemudian klik icon + “Add Element” pilih Label | Tambah, lalu tempatkan Label pada posisi yang diinginkan dan atur ukuran serta posisi Label dengan mengatur Position dan Dimension dari Label tersebut. Ubah nama label pada kolom Text sesuai dengan kebutuhan. Misalnya No Seri/Produksi.

 

 

6. Selanjutnya tambahkan kolom variable untuk diisikan rumus skrip Nomor Seri/Produksi dengan klik icon + “Add Element” pilih Variable kemudian Tambah, dan akan tampil kolom variable untuk mengisikan skrip/rumus nya.

 

7. Tempatkan posisi kolom variable-nya di bawah kolom Label yang ditambahkan pada Poin 5.

8. Klik dua kali pada kolom variable tersebut kemudiaan cari variable “Nomor Seri/Produksi” klik 2x pada variable tersebut sehingga tampil rumus skrip berikut : $F{deliveryPackingDetailItem.serialNumber}.

 

9. Simpan desain cetakan tersebut dan hasil preview desain cetakan adalah sebagai berikut.

PPh 21 Karyawan Tetap Masuk Tengah Tahun

PPh 21 Karyawan Tetap Masuk Tengah Tahun

 

Ilustrasi : Karyawan tetap masuk per 1 September 2024, dengan gaji sebesar Rp 8.000.000 per bulan, belum menikah tanpa tunjangan (TK/0) dan membayar iuran pensiun sebesar Rp 100.000 per bulan.

Berikut ini cara penginputan dan perhitungan PPh 21 di Accurate Online :

 1. Buat Data Karyawan baru tersebut pada Accurate Online melalui menu Perusahaan | Karyawan.

2. Lengkapi informasi karyawan tersebut pada kolom yang tersedia di formulir Karyawan.

3. Pada tab ‘Pajak Penghasilan’ centang pada informasi ‘Dikenakan PPh 21’ dan isikan informasi NPWP, Status Pekerja dan Status PTKP.

 

4. Selanjutnya pada bagian Perhitungan PPh, pilih bulan ‘September 2024’ untuk PPh mulai dihitung kemudian simpan.

 

5. Pencatatan gaji untuk karyawan tersebut, dilakukan melalui menu Buku Besar | Pencatatan Gaji, lalu isikan informasi pencatatan gaji yang sesuai dan pilih karyawan yang bersangkutan.

 

6. Isikan Gaji sebesar Rp 8.000.000 dan Iuran Pensiun sebesar Rp 100.000 dan didapat nilai PPh 21 per bulan adalah Rp 120.000 (masuk di TER Kategori A 1.5%). Nilai PPh 21 ini berlaku untuk PPh 21 September s/d November 2024 selama tidak ada perubahan gaji karyawan.

 

 

7. PPh 21 untuk karyawan tersebut pada Desember 2021 akan terdapat kelebihan bayar sebesar Rp 360.000 dengan cara perhitungan terlampir.

 

 

Melihat Open ID Database Accurate Online

Melihat Open ID Database Accurate Online

 

Untuk melihat Open ID database Accurate Online Anda, caranya berikut ini :

1. Cek tombol Printscreen (Prt Sc) pada keyboard laptop/komputer Anda dan posisikan jari Anda di tombol tersebut.

2. Masuk ke accurate.id lalu pilih database yang dimaksud.

3. Buka database dan tekan tombol printscreen pada keyboard Anda secara bersamaan. Karena informasi open id hanya tampil di detik pertama saat database terbuka dan pastikan terambil gambar seperti contoh berikut ini.

 

4. Pada gambar diatas, Open ID Databasenya adalah 1114862.

5. Silakan informasikan Open ID Database tersebut ke tim support atau kirimkan printscreen gambarnya.

Catatan : open id database ini biasa diperlukan oleh tim teknis CPSSoft untuk melakukan pengecekan terkait kendala yang terjadi pada database Anda. Pastikan hanya menginformasikan informasi open id database ini ke tim support melalui email ke support@cpssoft.com.

Menampilkan Nama Gudang di Desain Cetakan Pengepakan Barang

Menampilkan Nama Gudang di Desain Cetakan Pengepakan Barang

 

Berikut langkah-langkah menampilkan nama gudang pada desain cetakan Pengepakan Barang :

1. Akses ke Desain Cetakan, dari menu Pengaturan.

 

2. Pilih Desain Cetakan Pengepakan Barang yang dimaksud, kemudian klik Buka Desainer (icon pensil).

 

3. Sediakan tempat pada bagian Detail Barang untuk menempatkan label dan variable skrip Gudang tersebut.

4. Kemudian, tambahkan label untuk mengisikan judul kolom dengan klik icon Tambah (+) | Label lalu klik Tambah, letakan kolom label tersebut di tempat yang sudah disediakan. Silakan atur posisi kolom judul dengan mengatur Position dan Dimension pada label tersebut, dan ubah nama label dengan nama yang sesuai. Misalnya diisikan dengan Gudang.

 

 

5. Selanjutnya tambahkan kolom variable baru untuk mengisi rumus nama gudang, dengan klik icon Tambah (+) | Variable lalu klik Tambah, tempatkan dibawah atau di samping kolom Label Nama Gudang.

 

6. Tambahkan rumus skrip dengan klik 2x pada kolom Variable yang baru ditambahkan tersebut, dan isikan rumus skrip berikut : $F{deliveryPackingDetailItem.warehouseName}.

 

 

7. Simpan Desain Cetakan.

8. Berikut ini tampilan Desain Cetakan Pengepakan Barang dengan menampilkan nama gudang pada bagian Item-nya.

 

Menampilkan Umur Riil Per Barang Pada Laporan Rincian Umur Persediaan

Menampilkan Umur Riil Per Barang Pada Laporan Rincian Umur Persediaan

Jika Anda membutuhkan data Angka Umur Riil (bukan rentang umur) per barang pada Laporan Rincian Umur Persediaan per tanggal saat ini, berikut caranya :

1. Akses Laporan Rincian Umur Persediaan dengan parameter tanggal per hari ini, melalui menu Laporan | Daftar Laporan | Persediaan.

 

 

 

2. Ke menu Modifikasi pada laporan, pada bagian Kolom Tersedia, cari dan tambahkan variabel Kolom Skrip Khusus 1.

 

 

3. Pada Kolom Digunakan, klik pengaturan pada variable Kolom Skrip Khusus 1 dan isikan rumus atau skrip berikut ini : ((new Date().getTime()) – $F{inventoryAgingDetail.transDate}.getTime()) / 86400000

4. Simpan modifikasi tersebut dan berikut tampilannya.

Menampilkan Catatan Pelanggan Pada Laporan Daftar Pelanggan

Menampilkan Catatan Pelanggan Pada Laporan Daftar Pelanggan

Berikut langkah-langkah cara menampilkan informasi ‘Catatan Pelanggan’ pada laporan daftar pelanggan:

1. Masuk ke menu Penjualan | Pelanggan, pilih Pelanggan yang akan ditambahkan Catatan, kemudian ke tab Lain-lain, isikan informasi catatan pada bagian Catatan.

 

 

2. Selanjutnya buka Laporan Daftar Pelanggan melalui menu Daftar Laporan | Daftar Laporan | Piutang, isikan parameter yang sesuai lalu klik tampilkan.

 

 

3. Ke menu Modifikasi Laporan kemudian ke tab Kolom Data pada Kolom Digunakan centang variabel ‘Catatan Kontak Utama’ lalu Simpan.

 

 

4. Berikut tampilan Laporan Daftar Pelanggan dengan menampilkan catatan pelanggan.