Cara Membuat dan Melihat Daftar Formulir Pembayaran Pembelian [Purchase Payment] pada Accurate 5

CARA MEMBUAT FORMULIR PURCHASE PAYMENT

Anda dapat mencatat aktifitas pembayaran invoice teruntang kepada vendor pada formulir Purchase Payment dengan mengikuti petunjuk berikut ini:

  1. Buka formulir Purchase Payment yang baru dengan cara klik menu utama Activities – Purchase – Purchase Payment (Aktifitas – Pembelian – Pembayaran Pembelian)
  2. Untuk pengisian formulir Purchase Payment, perhatikan gambar di bawah ini:
  3. Setelah anda selesai menginput informasi pembayaran invoice terutang pada formulir Purchase Payment, langkah selanjutnya klik tombol Save & Close untuk menyimpan penginputan yang telah anda buat sekaligus menutup tampilan formulir Purchase Payment.

Daftar Purchase Payment

Semua formulir Purchase Payment (Pembayaran Pembelian) yang telah anda buat akan direkap dalam satu daftar (tabel) yang disebut Daftar Purchase Payment. Pada daftar Purchase Payment anda dapat melakukan aktifitas pengeditan, penghapusan formulir Purchase Payment.

Daftar Purchase Payment dapat dibuka dengan cara klik menu utama List – Purchase – Purchase Payment (Daftar – Pembelian – Pembayaran Pembelian)

Daftar Purchase Payment (Pembayaran Pembelian) menampilkan informasi yang terdiri dari beberapa kelompok yaitu:

1. Tombol menu pada Daftar Formulir Purchase Payment

a. New                            : Membuat formulir Purchase Payment yang baru.

b. Edit                             : Membuka kembali tampilan formulir Purchase Payment yang tersorot, sehingga anda dapat melakukan pengeditan (perubahan) pada formulir tersebut.

c. Delete                         : Menghapus formulir Purchase Payment yang tersorot.

d. Filter                          : Memfilter tampilan Daftar Purchase Payment berdasarkan Vendor, Mata Uang, berdasarkan status void, berdasarkan status rekonsiliasi, dan berdasarkan filter tanggal yang anda inginkan.

e. Refresh                      : Memperbarui (refresh) tampilan Daftar Purchase Payment sesuai dengan penginputan aktifitas Purchase yang terakhir anda lakukan.

f. Print                            : Melihat tampilan cetakan Daftar Purchase Payment di layar monitor. Untuk mencetak Daftar Purchase Payment di atas kertas, dapat anda lakukan dengan meng-klik tombol Print yang terdapat pada tampilan cetakan Daftar Purchase Payment tersebut.

g. Export e-PPh 23    : Tombol ini berfungsi untuk mengekspor PPh 23 dari Accurate ke file .csv

h. Find                           : Field ini mempermudah anda untuk mencari formulir Purchase Payment yang ingin anda edit atau delete. Pencarian cepat formulir Purchase Payment melalui field ini dilakukan berdasarkan <Cheque No> atau <Form No>.

2. Kolom pada detail Daftar Purchase Payment

a. Payment Date   : Tanggal pembayaran kepada Vendor.

b. Form No             : Nomor formulir (voucher) Purchase Payment yang anda buat.

c. Vendor No         : Nomor Vendor.

d. Name                   : Nama Vendor.

e. Cheque No         : Nomor cek yang digunakan.

f. Cheque Date      : Tanggal cek dapat dicairkan, Penjurnalan aktifitas Pembayaran Pembelian di ACCURATE dibuat berdasarkan tanggal ini.

g. Amount              : Jumlah yang anda bayar kepada Vendor.

h. Reconcile           : Terdapat dua status True dan False. Jika aktifitas pembayaran kepada Vendor telah disesuaikan dengan catatan bank melalui aktifitas rekonsiliasasi bank, maka status formulir Purchase Payment itu adalah True. Sebaliknya jika aktifitas pembayaran kepada kepada vendor belum disesuaikan dengan catatan bank melalui aktifitas rekonsiliasi bank, maka status formulir Purchase Payment itu adalah False.

i. Description       : Keterangan Purchase Payment sesuai dengan yang anda ketikkan pada field description pada formulir.

j. Discount Amount  : Jumlah diskon (potongan) yang diperoleh dari Vendor. Jumlah potongan yang ditampilkan pada kolom ini adalah adalah jumlah diskon (potongan) yang anda catat melalui Discount Info yang terdapat pada formulir Purchase Payment.

3. Klik kanan mouse pada tampilan Daftar Purchase Payment

a. New                               : Membuat formulir Purchase Payment yang baru.

b. Edit                               : Mengubah formulir Purchase Payment yang tersorot.

c. Delete                           : Menghapus formulir Purchase Payment yang tersorot.

d. Unreconcile Only    : Hanya menampilkan formulir Purchase Payment yang belum terekonsiliasi saja (yang status rekonsiliasinya False).

e. Filter                            : Memunculkan kolom filter di sebelah kiri Daftar Vendor Payment.

f. Sort by                         : Mengurutkan tampilan Daftar Purchase Payment berdasarkan judul kolom yang tersedia pada daftar tersebut.

g. Refresh (F5)             : Memperbarui (refresh) tampilan Daftar Purchase Payment sesuai dengan penginputan aktifitas Purchase Payment yang terakhir.

h. Vendor                       : Menampilkan informasi Vendor dari formulir Purchase Payment yang tersorot.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *